Sunday, February 7, 2016

Cara mempercepat SDcard 200% dengan Mudah

Kalian suka game berat? atau sering mengalami loading yang lama dan terkadang mental ke homescreen saat sedang meload game yang berat? atau lambat saat copy files? Tidak perlu binggung bagi kalian yang sudah di ROOT smartphonenya bisa menggunakan cara ini untuk menaikan speed read nya dari kartu SD kalian.




Pertama lakukan serangkaian test terlebih dahulu untuk mengetahui sampai dimana kecepatan yang akan didapat karena menaikan cache terlalu berlebih bila speed tidak dapat bertambah lagi akan mubazir. Oke, lihat cara berikut untuk melakukan test.

Bahan:

1. ROOT explorer (File Explorer lainnya yang bisa digunakan untuk mengakses ROOT)
2. SD Tools
3. CWM/ Philz/ TWRP
4. Terinstal Init.d belum menginstall init.d? Klik disini

Bukalah Root explorer kalian lalu arahkan ke "/sys/devices/virtual/bdi/179:0/read_ahead_kb", Tekan tahan lalu pilih open as text editor (biar bisa di edit). Nantinya kalian akan menemukan value 128, it adalah value standart untuk speed 128KB saja silahkan ubah sesuai bertahap dari 1024, 2048,3072,4096. Perlu di ingat setiap melakukan editing simpan dan check kembali bahwa value sudah berubah dan jangan sampai di reboot hh kalian. Setiap value yang kalian ubah lakukan pengujian menggunakan SD Tools untuk melihat speed yang kalian dapat, sekiranya speed yang di dapat cukup dan value yang di gunakan masih di bawah 4096 sebaiknya jangan di paksakan menggunakan 4096 karena cache terlalu banyak akan mengakibatkan penuhnya SDcard kalian.

Pada tahap ini kalian perlu berhati-hati, dikarenakan flashing via CWM bilamana saat editing di bagian CWM tadi terjadi kesalahan akan berdampak fatal pada pembacaan SDcard kita, oke, silahkan pilih salah satu dari bawah ini yang sudah saya sediakan sesuai Value yang kalian dapat dari saat mengetest SDcard kalian.

Untuk setting default:
128

Silahkan Pilih Salah satu:
1024
2048
3072
4096

Setelah mendownload salah satu script diatas, silahkan boot ke recovery untuk memflash zip di atas. lakukan backup dahulu sebelum memulai flashing atau bisa mendownload yang 128 untuk mengembalikan ke settingan defaultnya. Cara ini sudah saya test sebelumnya dan work untuk saran saja gunakan yang 2048 karena menurut saya sudah cukup untuk bermain game dan meningkatkan kecepatan sebesar 100%. Perlu di ingat dalam dunia android DWYOR, Do With Your Own Risk.

1 comment: